Kamis, 28 Mei 2009

SOP KAKI SAPI H. MUNIR

Sampai juga di tenda kuning yg bertuliskan Sop Kaki Sapi H. Munir - Khas Jakarta. Parkiran didepannya tampak penuh. Beruntung ketika kami mengintip masuk, masih ada 1 meja yg cukup untuk kami berlima. Menu andalannya, so pasti Sup Kaki Sapi dong, tapi juga bisa pesen menu sate kambing. Sup Kaki Sapi Campur dipatok Rp 8.500,- sedangkan yg dengan tambahan sumsum dibanderol Rp 9.000,-


Tidak perlu menunggu lama, sekitar 10 menit kemudian sup sudah terhidang. Kaget ! Ternyata kuahnya berwarna kuning. Gw kira bening seperti sup daging yg biasa dimasak dirumah hehe *ndesooo.... Kaget lagi ! Abis di-aduk2 ternyata isinya gak cuma kikil melulu, tapi lengkap dgn potongan daging serta jeroan seperti paru dan babat. Plus irisan kentang, tomat dan serpihan krupuk emping (belinjo). Lalu disempurnakan dgn taburan bawang goreng yg aromanya makin selera makan terbit seketika.

Saya pun memberanikan diri menyeruput kuahnya. Hmm, rasa santannya legit & muantabh... mirip dgn kuah Laksa Betawi yg pernah saya cicipi di jalan Ngagel. Bedanya, kuah sop ini kaldu banget. A bit spicy, tapi dijamin ga bikin bibir merah kepedesan. Dagingnya empuk bahkan kikil & jeroannya sangat kompromi ketika dikunyah.


Sekilas, saya jadi ingat cotto makassar. Hanya kuahnya saja yg beda. Cocok juga makan sop kaki sapi ini ditemani dgn sepiring nasi biar lebih nendang. Dan walaupun secara default sop ini sudah dipersenjatai *halah* dgn taburan emping, lebih afdol lagi jika membeli sebungkus emping tambahan, remas halus dan taburkan lagi diatas sop ini. Wah.. hau jek sen cing ping wahai sobat Initialersku terkasih =D~

Overall.. very2 worth to try. Walaupun labelnya sop kaki sapi, tapi bisa juga pesen daging saja atau babat saja (ada ya yg mau gt ?). Tapi hati2 juga sobat, hidangan jenis ini rawan kolesterol tinggi, waspadalah.. waspadalah.. =P

Lokasi : Jalan Kupang Indah

1 komentar:

  1. PELAYAN TIDAK MENYENANGKAN: saya beli 3 sup daging dgn gojek, yg saya terima 3 sop jeroan. Saya tlp, yang angkat wanita "kalau sudah dibuka gak boleh ganti". Bgmana kita tahu isinya kalau ndak dibuka? PIKIR DONG mbak. Waktu itu sudah jam 21, menjelang tutup, 3 sop saya gelontor ke WC.

    BalasHapus